Jangan Lewatkan :
Home » , » PENERAPAN TEORI ETIKA UTILITARIANISME DALAM PERUSAHAAN

PENERAPAN TEORI ETIKA UTILITARIANISME DALAM PERUSAHAAN

Written By yoga on Sunday, October 12, 2014 | 10:06 AM

 1. Teori
Etika utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.
 
2. Kasus
Salah satu contoh usaha yang ada di depan tempat kost saya yang dapat memberikan manfaat adalah usaha warung kopi bu ayu

3. Analisis
Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Salah satu contoh usaha yang ada itu adalah warung kopi bu ayu. Warkop ini terletak persis di depan kosan saya yang terletak di sekitaran kampus Gunadarma. Menurut saya manfaat yang dapat dirasakan dari keberadaan warkop bu ayu ini adalah mempermudah warga disekitaran tempat kosan saya jika untuk mencari makanan ringan atau sekedar minum kopi sekaligus bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. dengan harga yang relatif murah dan tempat yang dekat serta nyaman. Jadi dapat disimpulkan bahwa sesuai teori utilitarian salah satu contohnya adalah usaha warung kopi bu ayu.
 
SUMBER REFERENSI :
DR. A. Sonny Keraf. 2006. Etika Bisnis. Yogyakarta : Kanisius.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Dicky Perdana | Rendy Saputra | Yoga Adisuryo | Zhugetheadvisor
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. get and share - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Custom By Our Friend zhugetheadvisor Published by Mas Template