1.Kasus
Iklan obat masuk angin Bintangin. Memelesetkan tagline produk pesaing yaitu Tolak Angin "orang pintar minum tolak angin" menjadi "minum obat masuk angin kok mesti pintar"
2.Teori
Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan melalui media televisi.
3.Analisis
Dari contoh kasus diatas. Bintangin memelesetkan tagline dari produk pesaing menurut penulis bisa dikategorikan penyerangan dengan tujuan menjatuhkan produk pesaing. Hal ini menurut penulis sangat tidak etis dan jauh dari kata kreatif. Penulis memahami bahwa tujuan dari iklan adalah supaya produk yang dijual dapat dikenal di masyarakat, dan dengan cara memasukan tagline-tagline yang memelesetkan produk sejenis tentu akan menimbulkan pembicaraan di masyarakat. Sehingga produk bisa menjadi lebih cepat dikenal. Akan tetapi, alangkah baiknya pihak-pihak yang ingin menampilkan iklan mengkaji ulang apa yang ingin mereka tampilkan dan tetap memperhatikan norma-norma serta etika periklanan yang ada agar menghasilkan tontonan yang layak serta baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Iklan Yang Melanggar
Written By yoga on Sunday, January 11, 2015 | 1:45 PM
Labels:
etika bisnis,
tugas kuliah
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !